Senin, 12 Januari 2009

Hidup cuma numpang minum...

Sebuah pepatah lama namun cukup dalem juga artinya, "hidup cuma numpang minum" atau kalo dalam bahasa jawa 'mampir ngombe'. Sederhana.. namun kalo dihayati kadang kita suka lupa sama pepatah yang satu ini. Coba kita refresh asal usul kita, yang tadinya gak ada menjadi ada lalu tiada, itulah keberadaan kita di dunia ini. Mulai dari sari pati makanan, trus menjadi segumpal darah, lalu menjadi janin selama kurang lebih 9 bulan di dalam rahim, kemudian lahirlah kita ke alam dunia ini..

Kelahiran.. yah memulai misi kita sebagai manusia dari kelahiran. Mulai dari bayi, tumbuh menjadi anak-anak, remaja, dewasa, tua, lalu.. kembali ke Sang Pemilik jiwa.. Namun kadang kita sering lupa kalo kita bakal meninggalkan dunia ini, sehingga kita tidak siap kepada tujuan kita sebenarnya..

Terkadang kita berpikir, nanti saja mempersiapkan dirinya setelah tua baru banyak beribadah, namun, tidak banyak juga dari kita yang sampai pada usia tua..

Coba kita hitung, berapa lama manusia hidup, kurang dari 10 th, 20, 30,60,70, atau lebih dari 70th.. Kadang kalo menurut hitungan otak kita cukup lama waktu tsb, namun ketika kita masuk umur-umur kepala 3, 4, atau 5, kita baru berasa... sepertinya baru kemarin kita lulus sekolah, sepertinya baru kemarin kita menikah, sepertinya baru kemarin anak-anak kita lahir, sekarang mereka sudah sekolah, kuliah, atau mungkin menikah... Nahh disinilah kita baru berasa bahwa hidup itu sebenarnya gak lama-lama amat..itulah yang dikatakan bahwa hidup cuma numpang minum, karena cuma sebentar saja.

Terkadang kita baru sadar ketika semua kesempatan yang pernah kita dapatkan sudah berlalu, ketika kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi, ketika waktu kita sudah dekat...

Nahh.. mumpung belom telat marilah kita saling mengingatkan tujuan kita sebenarnya dari perjalanan kehidupan kita ini... :)

Any comment?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar